Alexandre Lacazette membawa Arsenal ke final Liga Europa

Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette membawa Arsenal ke final Liga Europa. Ada torehan apik yang dibuat keduanya di perlombaan Valencia vs Arsenal.

Arsenal lolos ke partai puncak Liga Europa setelah menyingkirkan Valencia. Pada perlombaan leg kedua semifinal di Mestalla, Jumat (10/5/2019) dini hari WIB, The Gunners menang 4-2 untuk lolos dengan agregat 7-3.

Aubameyang menjadi bintang utama dengan mencetak hat-trick. Satu gol Arsenal lainnya dibuat oleh Lacazette.

Melalui gol-gol hal yang demikian, Aubameyang dan Lacazette kian menegaskan pentingnya peran mereka di lini depan Arsenal. Berikut merupakan data dan fakta dari perlombaan Valencia Arsenal, termasuk torehan oke Aubameyang, Lacazette, dan Unai Emery, seperti dirangkum Opta:

– Arsenal lolos ke final ketujuhnya di persaingan Eropa (satu Piala Fairs, tiga Piala Winners, satu Liga Champions, dua Piala UEFA/Liga Europa), cuma dua kali pemenang dari enam final sebelumnya.

– Valencia keok untuk kedua kalinya dalam 22 perlombaan sangkar terakhir di segala persaingan (W15 D5).

– Arsenal menang di perlombaan tandang melawan tim Spanyol untuk pertama kalinya dalam delapan perlombaan (D2 L5), semenjak menang 1-0 di markas Real Madrid pada Februari 2006.

– Termasuk final, manajer Arsenal Unai Emery sudah memenangi 19 perlombaan terakhirnya di fase knockout Liga Europa. Kali terakhir tereliminasi dari persaingan ini merupakan di semifinal 2011/2012 bersama Valencia.

– Penyerang Valencia Kevin Gameiro sudah terlibat dalam 12 gol dalam 12 penampilan terakhirnya sebagai starter di perlombaan sangkar Liga Europa, mencetak 11 gol dan membikin satu assist.

– Pierre-Emerick Aubameyang sudah mencetak 29 gol di segala persaingan musim ini, cuma Sergio Aguero (31) yang punya catatan lebih bagus di antara pemain Premier League.

– Sejak debut pada Agustus 2017, Alexandre Lacazette sudah terlibat langsung dalam 51 gol Arsenal di segala persaingan, paling banyak di antara pemain lain (36 gol, 15 assist).

– Tidak termasuk gol bunuh diri, 11 dari 12 gol terakhir Arsenal di Liga Europa melibatkan Lacazette dan/atau Aubameyang (4 gol dan 1 assist untuk Lacazette, 6 gol dan 2 assist untuk Aubameyang).